Selasa, 05 Februari 2013

Teori Dasar SEO


Definisi SEO

Sebelum membahas lebih lanjut tentang SEO, baiknya kita tau sedikit tentang pengertian dari SEO itu sendiri.
SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang berarti suatu metode mengoptimisasikan posisi blog / website pada search engine.



On Page Optimization


On page optimization adalah pengoptimalan elemen - elemen yang terkandung dalam situs sehingga meningkatkan rank website tersebut di mata search engine.




Contohnya :


  • Keyword reseach. Pada umumnya orang mencari informasi di search engine menggunakan suatu keyword tertentu, sehingga menemukan apa yang mereka cari. Gunakanlah keyword yang baik dan tidak terlalu umum, sehingga mudah di temukan search engine.
  • Title tag. Gunakanlah tittle tag yang relevan dengan isi website atau blog anda dengan kata - kata yang singkat padat dan jelas.
  • Meta Description. Meta description fungsinya untuk membantu search engine mengkategorikan website / blog tersebut dengan benar.
  • Content. Buatlah konten dari pada website / blog tersebut semenarik mungkin untuk menarik minat pengunjung untuk membacanya. Konten ini sebaiknya tulisan original anda, walaupan mendapat referensi dari tempat lain. 
  • Site Map. Sitemap berfungsi membantu bot search engine melakukan tugasnya yaitu melakukan crawling suatu website.
  • URL. Gunakanlah URL yang clear (SEO Friendly) sehingga mudah di index oleh search engine.


Off Page Optimization

Off page optimization adalah pengoptimalan yang dilakukan di luar dari pada website tersebut. Maksudnya adalah pengoptimalan yang tidak berhubungan sama sekali dengan website / blog tersebut.

Contohnya :
  • Resources. Resource adalah sumber traffic dari website / blog tersebut. Sebaiknya anda mengidentifikasikan dari mana saja sumber dari pada link website anda.
  • Backlink. Backlink sangatlah penting dalam dunia SEO. Kepopuleran link sebuah website / blog pada website lain ternyata mampu mempengaruhi rank dari pada website tersebut. Jadi semakin banyak anda berkomentar, bertukar link dan sebagainya yang bertujuan menyebarkan link, akan mampu meningkatkan rank website anda di mata search engine.
  • Social Activity. Menjaga hubungan yang baik antar sesama webmaster penting untuk menjaga nama baik website / blog anda. 
  • Social Media. Share link anda ke media - media sosial seperti Facebook, Twitter, Google+, dan lain lain. Hal ini juga akan meningkatkan backlink anda.

Secara umum, hal diatas sudah mampu menunjang website / blog anda di mata search engine. Sebenarnya masih banyak hal yang anda dapat lakukan untuk meningkatkan kepopuleran link anda di mata search engine.
Sekian artikel tentang SEO ini, bila ada kesalahan atau kekurangan mungkin dapat di perbaiki dengan meninggalkan comment. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.


Related Post:

0 komentar:

Posting Komentar