Sabtu, 16 Februari 2013

Pengertian Ilmu Kebidanan

Ilmu Kebidanan
Pada artikel kali ini saya akan coba membuat tentang Ilmu Kebidanan, kenapa ??? Karena sang pujaan hati adalah seorang calon bidan maka sedikit tidaknya saya tahu tentang Ilmu Kebidanan. hehehehe. Membaca buku-bukunya membuat saya terinspirasi untuk membuat artikel ini.

Ilmu Kebidanan atau Obstetri itu adalah bagian dari Ilmu Kedokteran yang khusus mempelajari segala soal yang bersangkutan dengan lahirnya seorang bayi. Jadi secara garis besarnya objek Ilmu Kebidanan itu adalah kehamilan, persalinan, nifas dan bayi baru lahir.

Kata kebidanan sendiri menurut Klinkert (1892) sumbernya adalah dari bahasa Sanskerta yaitu "widwan" yang berarti cakap, "membidan" yang berarti mengadakan sedekah bagi seorang penolong bersalin yang minta diri setelah bayi berumur 40 hari. Kata "obstetri sendiri dihubungkan dengan kata "obstare", yang berarti berada di sampingnya, dalam hal ini berada di samping ibu yang akan melahirkan. Pendapat lain menyebutkan bahwa kata aslinya adalah "adstetrix" yang berarti membantu seseorang yang sedang bersalin.

Pelayanan kebidanan dalam artian yang sempit dapat diuraikan sebagai berikut :
  1. Pengawasan serta penanganan wanita dalam masa hamil dan pada waktu persalinan.
  2. Perawatan dan pemeriksaan wanita sesudah persalinan.
  3. Perawatan bayi yang baru lahir.
  4. Pemeliharaan laktasi.
 Bila dirangkum maka Ilmu Kebidanan menekankan usaha-usaha yang mana berhubungan dengan peningkatan kesehatan dan kesejahteraan para calon orang tua, dan dengan membantu mereka diharapkan agar memberikan pengetahuan tentang sikap yang wajar dalam kehidupan berkeluarga serta tempat keluarga di masyarakat. Termasuk di dalamnya adalah bimbingan bagi mereka kelak akan menjadi orang tua yang baik dan pemberian pengertian tentang soal-soal yang bersangkutan dengan kesehatan reproduksi.
Mungkin sekian yang dapat saya gambarkan tentang ilmu kebidanan, untuk lebih jelasnya mungkin saya tulis pada artikel-artikel selanjutnya.
Terima Kasih.

Related Post:

0 komentar:

Posting Komentar