Rabu, 06 Februari 2013

Komponen Dasar Komputer

Komputer berasal dari bahasa Inggris yaitu 'compute' yang artinya menghitung. Secara umum sebuah komputer adalah sekumpulan alat-alat elektronik yang mana saling bekerja sama dan saling mendukung untuk melakukan suatu perintah sehingga dapat menghasilkan suatu keluaran.

Sebuah komputer terdiri dari 3 komponen utamanya yaitu :
  • Input Device : input device adalah alat yang digunakan untuk menginput data agar dapat di proses selanjutnya.
  • Proccessing Device : dapat dikatakan sebagai otak dari pada komputer dimana seluruh proses pengkajian data yang di input dilakukan di sini.
  • Output Device : output device merupakan alat yang digunakan untuk menampilkan hasil daripada proses tadi.

Beberapa Device Dasar Komputer


Motherboard
MotherBoard, merupakan komponen utama dari pada sebuah PC yang mana seluruh komponen-komponen lainnya terkait dengannya. Motherboard adalah tempat berlalu-lalangnya data sehingga semua komponen dapat bekerja dengan benar.







CPU, singkatan dari pada Central Proccessing Unit yaitu otak dari sebuah PC dimana perhitungan dilakukan. CPU juga bertanggung jawab atas semua unit kegiatan sistem komputer. Semakin cepat CPU bekerja maka semakin cepat hasil keluaran dari komputer tersebut.








RAM, Random Access Memory adalah media penyimpanan perintah pada komputer yang bersifat sementara. Data pada RAM dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori.










Sound Card, sound card ini berfungsi sebagai hardware untuk menghubungkan konektor output sound dengan motherboard. Dengan sound card ini kita dapat mendengarkan output berupa suara. Sound Card juga harus cocok dengan motherboard komputer kita.






Network Interface Card, adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Jenis NIC yang beredar, terbagi menjadi dua jenis, yakni NIC yang bersifat fisik, dan NIC yang bersifat logis. Contoh NIC yang bersifat fisik adalah NIC Ethernet, Token Ring, dan lainnya; sementara NIC yang bersifat logis adalah loopback adapter dan Dial-up Adapter.




Hard Drives, merupakan media penyimpanan data pada komputer yang bersifat jangka panjang. Seluruh data komputer disimpan disini, baik itu data pekerjaan anda maupun data software dari pada komputer tersebut. Ukuran dari pada Hard Drive ini bervariasi tergantung dari pada buatan pabriknya sendiri.






CD/DVD Drives, alat ini membantu komputer dalam membaca data yang tersimpan dalam media CD/DVD. Sebagai mana halnya dengan CD/DVD player, komputer juga dapat membaca data berupa video dan menampilkankan pada layar komputer melalui alat ini.






Power Supply, alat ini berfungsi untuk menghubungkan semua komponen komputer ke sumber daya yang ada. Alat ini juga membagi-bagi kebutuhan daya yang akan digunakan oleh komponen-komponen penunjang kerja komputer.










Mouse, sebagai alat untuk pointing device yang memberikan input perintah pada komputer sehingga dapat melakukan pointing pada tempat yang kita inginkan.

Keyboard, adalah alat untuk memasukkan perintah berupa ketikan. Keyboard secara umum berisi huruf-huruf dan angka-angka yang sudah diatur menurut standar internasional untuk posisinya.

Monitor, untuk menampilkan output hasil proses dari pada komputer tersebut. output ditampilkan pada monitor agar kita dapat melihat secara langsung hasil kerja komputer kita.


Related Post:

0 komentar:

Posting Komentar