Senin, 18 Februari 2013

Seputar Cloud Computing

Cloud Computing ?

cloud computing
Berdasarkan arti harfiah dari pada cloud computing yaitu komputasi di awan maka dapat ditarik suatu pengertian bahwa Cloud Computing itu merupakan suatu teknologi yang mana memindahkan seluruh data yang dibutuhkan suatu perusahaan ke "awan". Dalam artian ini awan adalah suatu tempat dimana bisa diletakkannya data yang akan digunakan dalam proses bisnis perusahaan yang mana akan memudahkan dalam memanajemen data tersebut.


Dalam teknologi ini sebuah perusahaan tidak akan membutuhkan server bagi perusahaannya untuk meletakkan data-data. Server tersebut telah digantikan oleh "awan" yang digunakan meletakkan datanya. Di sini perusahaan tidak perlu tahu dimana letak geografis dari pada awan (server) tersebut. Perusahaan dapat dengan mudah untuk mendownload dan mengupload data ke awan tersebut. Bahkan dengan teknologi ini sebuah perusahaan tidak perlu untuk menginstal aplikasi pada PC mereka untuk bekerja. Aplikasi tersebut dapat disediakan oleh "awan" yang mana akan menghemat biaya bagi perusahaan tersebut.

Berbicara tentang upload dan download data berarti berbicara tentang jaringan. Benar sekali bahwa cloud computing ini adalah suatu jaringan komputer. Untuk melakukan upload dan download data maka sebuah perusahaan membutuhkan jaringan untuk menggunakan teknologi ini. Dan juga bandwith yang besar sangat dibutuhkan bagi sebuah perusahaan yang ingin menjalankan aplikasi yang terinstal di "awan". Inilah suatu kelemahan dari pada cloud computing tersebut.

cloud computing
Sebuah perusahaan yang menggunakan jasa cloud computing tidak perlu lagi repot-repot dalam melakukan manajemen data, memikirkan keamanan data dan lain sebagainya. Bahkan sebuah jasa cloud computing mengatakan bahwa cloud computing itu dapat memanajemen data anda lebih baik dari pada anda dan dengan tingkat keamanan yang lebih tinggi dari pada server yang anda sediakan sendiri.

Dalam beberapa kurun waktu terakhir ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan teknologi ini. Biaya yang rendah serta kemudahan yang ditawarkan membuat mereka memilih menggunakan teknologi ini. Munculnya akses internet berkecepatan tinggi yang sangat mudah didapat mulai dari perkantoran sampai warung-warung juga sangat mendukung teknologi ini. Penyedia jasa cloud computing ini juga menyediakan ketersediaan yang tinggi dan pemantauan server yang 1x24 jam, 7x1 minggu.

Related Post:

0 komentar:

Posting Komentar