Sabtu, 16 Februari 2013

Pengertian Ilmu Kebidanan

Ilmu Kebidanan
Pada artikel kali ini saya akan coba membuat tentang Ilmu Kebidanan, kenapa ??? Karena sang pujaan hati adalah seorang calon bidan maka sedikit tidaknya saya tahu tentang Ilmu Kebidanan. hehehehe. Membaca buku-bukunya membuat saya terinspirasi untuk membuat artikel ini.

Ilmu Kebidanan atau Obstetri itu adalah bagian dari Ilmu Kedokteran yang khusus mempelajari segala soal yang bersangkutan dengan lahirnya seorang bayi. Jadi secara garis besarnya objek Ilmu Kebidanan itu adalah kehamilan, persalinan, nifas dan bayi baru lahir.

Kata kebidanan sendiri menurut Klinkert (1892) sumbernya adalah dari bahasa Sanskerta yaitu "widwan" yang berarti cakap, "membidan" yang berarti mengadakan sedekah bagi seorang penolong bersalin yang minta diri setelah bayi berumur 40 hari. Kata "obstetri sendiri dihubungkan dengan kata "obstare", yang berarti berada di sampingnya, dalam hal ini berada di samping ibu yang akan melahirkan. Pendapat lain menyebutkan bahwa kata aslinya adalah "adstetrix" yang berarti membantu seseorang yang sedang bersalin.

Pelayanan kebidanan dalam artian yang sempit dapat diuraikan sebagai berikut :
  1. Pengawasan serta penanganan wanita dalam masa hamil dan pada waktu persalinan.
  2. Perawatan dan pemeriksaan wanita sesudah persalinan.
  3. Perawatan bayi yang baru lahir.
  4. Pemeliharaan laktasi.
 Bila dirangkum maka Ilmu Kebidanan menekankan usaha-usaha yang mana berhubungan dengan peningkatan kesehatan dan kesejahteraan para calon orang tua, dan dengan membantu mereka diharapkan agar memberikan pengetahuan tentang sikap yang wajar dalam kehidupan berkeluarga serta tempat keluarga di masyarakat. Termasuk di dalamnya adalah bimbingan bagi mereka kelak akan menjadi orang tua yang baik dan pemberian pengertian tentang soal-soal yang bersangkutan dengan kesehatan reproduksi.
Mungkin sekian yang dapat saya gambarkan tentang ilmu kebidanan, untuk lebih jelasnya mungkin saya tulis pada artikel-artikel selanjutnya.
Terima Kasih.

Kamis, 14 Februari 2013

Cara Mendapatkan Traffic Blog Dari Search Engine

Rating website di search engine sangatlah mempengaruhi besaran traffic yang datang ke website kita. Setiap blogger/webmaster akan berlomba-lomba untuk mendapatkan traffic yang tinggi dengan tujuan agar website mereka menjadi terkenal. Search engine sudah di program sedemikian rupa agar peka terhadap perubahan sebuah website. Berikut di bawah ini akan saya rangkum beberapa hal yang dapat dilakukan agar meningkatkan rating di search engine untuk mendapatkan traffic.

  1. Daftarkan blog ke search engine. Blog yang sudah terdaftar di search engine akan lebih mudah di index oleh search engine. 
  2. Gunakan template blog yang SEO FRIENDLY. Template blog yang seo friendly akan memudahkan Search Engine dalam menemukan blog kita. Jika blog kita mudah untuk di index oleh google maka ratingnya pun otomatis akan meningkat.
  3. Postingan yang berkualitas. Postingan kita juga berpengaruh dalam mendatangkan traffic. Usahakan agar membuat postingan dengan pemikiran sendiri (tidak Copy Paste).
  4. Seringlah mengupdate blog. Blog yang uptodate akan lebih dianggap hidup oleh search engine, sehingga akan mendapatkan rating yang tinggi di mata search engine.
  5. Blog Walking. Blog walking artinya anda meninggalkan jejak berupa link blog anda pada blog-blog lainnya yang sudah mempunyai rating tinggi.
  6. Membuat Backlink. Membuat backlink ini mungkin seperti blog walking, namun kita dapat mencari backlink dari situs mana saja yang memiliki rating tinggi di search engine. Misalkan kita tinggalkan link blog kita pada jejaring sosial seperti facebook dan twiter, hal itu lumayan membantu kita.
Mungkin sekian yang dapat saya tulis, itulah beberapa cara dasar untuk mendapatkan traffic dari search engine (berdasarkan pengalaman saya). Untuk lebih lanjut mungkin nanti akan saya tulis beberapa cara meningkatkan traffic.
Terima Kasih.

Selasa, 12 Februari 2013

Pemeliharaan Perangkat Lunak (Software Engineering)


Sebelum membahas tentang pemeliharaan perangkat lunak, alangkah baiknya kita mengenal sedikit tentang apa sih perangkat lunak tersebut.
Baiklah, jadi perangkat lunak adalah seluruh komponen pengolahan data yang dapat membantu memecahkan masalah diluar dari perangkat hardware yang meliputi system design, program dan prosedur.

Beberapa penggambaran umum tentang perangkat lunak :
  1. Perintah (program komputer) yang mana bila dieksekusi akan menghasilkan fungsi sebagai mana yang kita inginkan.
  2. Struktur data yang memungkinkan suatu aplikasi dapat memanipulasi informasi secara proporsional.
  3. Dokumen yang menggambarkan suatu kegunaan dari pada sebuah program.
Perangkat lunak tersebut dibedakan menjadi 2 tipe yaitu :
  1. Produk Generik, yaitu sistem stand alone yang di produksi oleh perusahaan pengembang perangkat lunak dan di pasarkan ke pasar umum. Contohnya : Microsoft Office, Adobe Creative Suite, dll.
  2. Produk Pesanan, yaitu produk perangkat lunak yang mana akan dikembangkan bila ada perusahaan/konsumen yang memesannya. Contohnya : Sistem Penerimaan Mahasiswa untuk sebuah kampus, dll.
Pemeliharaan Perangkat Lunak
Sedangkan, Pemeliharaan Perangkat Lunak adalah proses umum pengubahan/pengembangan perangkat lunak setelah diserahkan ke konsumen. Perubahan mungkin berupa perubahan sederhana untuk membetulkan error koding atau perubahan yg lebih ekstensif untuk membetulkan error perancangan/perbaikan signifikan untuk membetulkan error spesifikasi/akomodasi persyaratan baru.








Ada 4 katagotri pemeliharaan software yaitu :
  1. Corrective Maintenance, perubahan yang dilakukan guna memperbaiki kesalahan.
  2. Adaptive Maintenance, perawatan berdasarkan perubahan lingkungan.
  3. Perfective Maintenance, perubahan untuk meningkatkan kualitas sistem tanpa merubah fungsinya.
  4. Preventive Maintenance, Meningkatkan reliability, future maintainability, future enhancement  (reverse engineering dan re-engineering)
Kenapa biaya pemeliharaan lebih tinggi dari pada biaya pengembangan, berikut adalah beberapa faktor yang menyebabkannya :
  1. Stabilitas Tim, biasanya tim pengembang dan tim pemelihara adalah orang yang berbeda karena tim pengembang biasanya sudah lari ke proyek baru sehingga tim pemeliharanya tidak begitu paham atas sistem yang dikembangkan.
  2. Tanggung Jawab Kontrak, kontrak bagi pengembang dan pemelihara kebanyakan terpisah atau diberikan kepada perusahaan yang berbeda dan bahkan bukan pengembang sistem aslinya, akibatnya tidak ada insentif bagi pengembang untuk membuat sistem yang mudah untuk diubah.
  3. Keahlian Staff, staff pemelihara kebanyakan tidak berpengalaman dalam hal pemeliharaan software dan staff pemelihara sering diaangap tidak memerlukan keahlian yang mendalam di bidang software.
  4. Umur dan Struktur Program, program yang sudah tua biasanya strukturnya sudah terdegradasi oleh perkembangan jaman sehingga sangat sulih dipahami oleh pemelihara.
Beberapa permasalahan yang sering muncul dalam pemeliharaan software :
  • Kesulitan melakukan pelacakan evolusi software pd versi sebelumnya,
  • Kesulitan pelacakan pada proses pengembangan software,
  • Sulit untuk mengerti program orang lain,
  • Tidak adanya dokumentasi yang baik,
  • Tidak adanya nara sumber,
  • Kebanyakan software dirancang tanpa adanya pemikiran untuk diubah.
Sekian artikel mengenai Pemeliharaan Perangkat Lunak, semoga bermanfaat bagi anda.
Terima Kasih.

Ukuran Lapangan Sepak Bola Standar FIFA

Sepak bola adalah olah raga terpopuler di seluruh dunia, olah raga ini dimainkan oleh 2 tim yang beranggotakan 11 orang. Kedua tim bermain di atas lapangan berbentuk persegi panjang dengan tujuan utama memasukkan bola ke gawang lawan. Pertandingan sepak bola dipimpin oleh seorang wasit dan 2 orang hakim garis sebagai pembantunya.

Berikut ini adalah ukuran lapangan sepak bola yang sudah diresmikan oleh FIFA.

lapangan sepakbola
klik pada gambar untuk memperbesar

  1. Panjang lapangan sepak bola minimal 90m dan maksimal 120m.
  2. Lebar lapangan sepak bola minimal 45m dan maksimal 90m.
  3. Pada tengah lapangan terdapat lingkaran dengan jari-jari 9,15m.
  4. Lebar gawang 7,3m dan tingginya 2,4m.
  5. Pinalty Area panjangnya 40,3m dan lebarnya 16,5m.
  6. Area penjaga gawang (6 yard box) panjangnya 29m dan lebarnya 5,5m.
  7. Jarak dari garis gawang ke titik pinalty adalah 11m.
  8. Rumput lapangan sepakbola umumnya berwarna hijau dengan ketebalanan garis pembatas yaitu 10cm.
Itulah sekilas tentang lapangan sepak bola yang secara resmi telah di standarkan oleh FIFA selaku organisasi sepakbola tertinggi dunia. 
Sekian artikel kali ini dan semoga bermanfaat. Terima kasih.


Tahukan Anda Tentang Narkoba ?

Kasus tentang peredaran narkoba, pemakaian dan penyalah gunaannya semakin merebak di negara Indonesia akhir-akhir ini. Kalangan artis sangatlah dekat dengan mereka, masyarakat umum dan bahkan pejabat dan pihak berwenang pun tak luput dari mereka. Kurangnya pengetahuan tentang bahaya narkoba menjadi faktor utama dalam penyalah gunaannya. Berikut ini akan saya coba tulis artikel mengenai narkoba dan bahayanya.

NARKOBA

Adalah singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan Obat-obatan terlarang, istilah lainnya di keluarkan oleh Departemen Kesehatan Indonesia yaitu NAPZA yang artinya Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya. Pada umumnya Narkoba atau Napza ini membuat suatu resiko yaitu kecanduan. Hal inilah yang membuat peredaran narkoba atau napza sangat mudah beredar.

Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan.

Psikotropika adalah obat baik alamiah atau sintetis yang bersifat psikoaktif yang melalui pengaruh selektif pada susunan syaraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktifis mental dan perilaku.

Zat Adiktif adalah zat atau bahan yang berasal dari bahan kimia atau biologi, baik dalam bentuk tunggal maupun campuran yang dapat membahayakan kesehatan tubuh dan lingkungan hidup.

Kaum remaja adalah kaum yang paling mudah terjerat dalam jebakan narkoba, namun tidak memungkinkan pula orang yang lebih dewasapun dapat terjerat pula. Penyalahgunaan narkoba ini pada dasarnya pertama kali menyebabkan kecanduan dan ketergantungan yang berlebih pada barang yang mereka konsumsi. Setelah kecanduan yang berlebih tersebut maka zat-zat yang terkandung dalam narkoba akan mulai merusak organ-organ tubuh seperti syaraf, merusak daya berfikir seseorang, merusak keseimbangan emosionalnya dan yang paling mengerikan adalah berujung pada kematian.

Bahaya narkoba ini bukan hanya bisa terjadi pada pengkonsumsinya, orang-orang di sekitar merekapun dapat terkena imbasnya. Seseorang yang sudah kecanduan akan narkoba bisa jadi mempengaruhi orang terdekatnya untuk ikut mengkonsumsi narkoba. Bila seorang pecandu tidak dapat mengkonsumsi narkoba mungkin karena tidak mempunya uang untuk membeli, maka tindak kriminal pun menjadi jalan pintas untuk mereka agar mendapatkan barang haram tersebut. Banyak tindak kekerasan yang terjadi didasarkan akan kebutuhan untuk mengkonsumsi narkoba, tidak jarang kasus yang ditangani polisi berujung pada narkoba.

Sebaiknya bimbing remaja-remaja masa kini agar terhindar dari narkoba, dan berikanlah mereka sesuatu yang positif agar terhidar dari bahaya narkoba tersebut. Kasih sayang dan perhatian dari orang-orang terdekat seperti keluarga merupakan jalan utama agar generasi muda terhindar dari narkoba. Inilah peringatan untuk kita bahwa jangan sekali sekali bermain-main dengan narkoba.

Sabtu, 09 Februari 2013

Sekilas Sejarah GOOGLE

Google dimulai sebagai sebuah proyek pencarian pada Januari 1996 oleh Larry Page dan Sergey Brin, dua mahasiswa Ph. D. di Universitas Stanford, California. Mereka menghipotesiskan bahwa sebuah mesin pencari yang menganalisa pereratan antara website dapat menghasilkan hasil yang lebih baik daripada teknik yang sudah ada, yang menilai hasil berdasarkan jumlah pencarian tersebut muncul pada sebuah halaman. Mesin pencari mereka disebut “BackRub” karena pranala kembali sistemnya dapat memperkirakan pentingya sebuah situs. Sebuah mesin pencari kecil bernama Rankdex telah menggunakan strategi yang sama. Diyakini bahwa halaman dengan pranala lebih banyak dari halaman web yang relevan merupakan halaman paling relevan yang dikaitkan dengan pencarian, Page dan Brin menguji tesis mereka sebagai bagian dari pembelajaran mereka, dan mendirikan tumpuan untuk mesin pencari mereka. Aslinya, mesin pencari tersebut menggunakan website Universitas Stanford dengan domain google.stanford.edu. Domain google.com diregistrasikan tanggal 15 September 1997, dan perusahaan ini berdiri dengan nama Google Inc. tanggal 7 September 1998 pada sebuah garasi rumah di Menlo Park, California. Investasi awal yang diperoleh untuk perusahaan baru ini bernilai hampir $1,1 juta, termasuk sebuah cek senilai $100.000 dari Andy Bechtolsheim, salah seorang pendiri Sun Microsystems.
Bulan Maret 1998, perusahaan ini memindahkan kantornya ke Palo Alto, rumah bagi beberapa perusahaan teknologi di Silicon Valley. Setelah tumbuh melampaui dua situs lainnya, perusahaan ini menyewa sebuah komplek bangunan di 1600 Ampitheatre Parkway, Mountain View dari Silicon Graphics (SGI) pada tahun 2003. Google telah menetap di lokasi itu hingga saat ini, dan komplek ini mulai dikenal sebagai Googleplex (plesetan dari kata googolplex, angka 1 yang diikuti oleh seratus nol). Tahun 2006, Google membeli properti dari SGI sebesar $319 juta.
Mesin pencari Google menarik perhatian jumlah pengguna Internet yang terus meningkat, yang menyukai desain sederhana dan penggunaannya. Pada tahun 2000, Google mulai menjual iklan yang dikaitkan dengan kata kunci pencarian. Iklan tersebut hanya berupa teks polos untuk menjaga sebuah desain halaman yang teratur dan untuk meningkatkan kecepatan pemunculan halaman. Kata kunci dijual berdasarkan pada kombinasi tawaran harga dan jumlah klik, dengan penawaran dimulai pada 5 sen (US$) per klik. Model penjualan iklan kata kunci dirintis oleh Goto.com (akhirnya mengubah nama menjadi Overture Services, sebelum diambil alih oleh Yahoo! dan diganti merek menjadi Yahoo! Search Marketing). Sementara berbagai pesaing dot-comnya gagal dalam pasaran Internet baru, Google memperkuat pengaruhnya untuk meningkatkan pendapatan.
Nama “Google” berasal dari ucapan “googol” yang salah, yang merujuk pada 10100 (angka yang itunjukkan oleh 1 yang diikuti oleh seratus nol). Setelah kata ini menjadi ucapan sehari-hari, kata “google”, dimasukkan dalam Merriam Webster Collegiate Dictionary dan Oxford English Dictionary pada 2006, yang berarti “menggunakan mesin pencari Google untuk memperoleh informasi di Internet.”
Sebuah paten yang menggambarkan bagian dari mekanisme penilaian Google (Page Rank) disetujui pada 4 September 2001. Paten ini secara resmi ditetapkan oleh Universitas Stanford dan memasukkan nama Lawrence Page sebagai sang pencipta.
Keuangan dan penawaran umum perdana
Pendanaan pertama untuk Google sebagai sebuah perusahaan dikunci dalam bentuk kontribusi sebesar USD100.000 dari Andy Bechtolsheim, pendiri Sun Microsystems, diberi kepada sebuah perusahaan yang belum berdiri. Sekitar enam bulan kemudian, sebuah putaran dana lebih besar diumumkan, dengan investor besar yang menjadi firma pesaing Kleiner Perkins Caufield & Byers dan Sequoia Capital.
Penawaran umum perdana Google dilaksanakan pada tanggal 19 Agustus 2004. 19.605.052 saham ditawar dengan harga $98 per lembar. Dari itu, 14.142.135 (rujukan matematika lainnya sebagai √2 ≈ 1,4142135) dilayangkan oleh Google dan 5.462.917 oleh pemegang saham yang menjual. Penjualan tersebut meningkat $1,67 milyar, dan memberi Google kapitalisasi pasar lebih dari $23 milyar. Kebanyakan dari 271 juta lembar saham Google dikontrol oleh Google sendiri. Banyak karyawan Google menjadi milyuner mendadak. Yahoo!, sebuah kompetitor Google, juga mendapat untung dari IPO tersebut karena perusahaan tersebut mendapat 8,4 juta lembar saham Google pada 9 Agustus 2004, sepuluh hari sebelum IPO (penawaran umum perdana).
Kemunculan saham IPO Google sangat baik, dengan gelombang harga hingga $500 pada 2007, karena penjualan dan perolehan yang kuat di pasaran periklanan, juga munculnya fitur baru seperti Google Desktop dan homepage pribadi. Gelombang harga saham disediakan terutama oleh investor pribadi, berbeda dari investor institusi besar dan reksadana.

Jumat, 08 Februari 2013

Pengertian CMS (Conten Management System)

CMS adalah singkatan dari Content Management System, yaitu aplikasi yang berbasis Web yang mana akan memudahkan penggunanya/user dalam membuat, memodifikasi dan mengelola website nya sendiri.

Dalam menggunakan aplikasi CMS ini user/pengguna tidak dituntut berpengetahuan dalam hal web programing. Aplikasi CMS ini dibuat sudah sangat user friendly, dalam instalasinya juga tidak begitu rumit. User dapat dengan mudah menggunakan tools yang disediakan, menghapus isi website, menambahkan dan bahkan memodifikasinya.

Kebanyakan CMS pada masa sekarang ini menggunakan bahasa pemrograman PHP, dan menggunakan database MySQL. Karena perkembangannya banyak aplikasi-aplikasi CMS yang dapat digunakan secara gratis, hal ini dikarenakan kebutuhan user dalam menunjang proses bisnisnya misalnya yang membutuhkan pembuatan website dalam waktu yang cepat dan dengan biaya yang relative minim.

Berikut ini contoh aplikasi-aplikasi CMS :
  • CMS untuk membuat personal blog, contohnya WordPress.
  • CMS untuk membuat web e-Commerce, contohnya PrestaShop, OsCommerce, Opencart, Drupal.
  • CMS untuk membuat web e-Learning, contohnya Moodle.
  • CMS untuk membuat personal web, contohnya joomla!, Mambo.
  • CMS untuk membuat e-Office, contohnya katanya (Kantor Maya).
  • CMS untuk membuat web e-Forum, contohnya phpBB, MYBB,Vbulletin.

Kamis, 07 Februari 2013

Bandara Internasional di Indonesia


Berikut ini adalah daftar nama Bandar Udara Internasional di Indonesia beserta kodenya berdasarkan pulaunya.


Sumatera


  • BTH - Bandar Udara Internasional Hang Nadim, Batam
  • BTJ - Bandar Udara Internasional Sultan Iskandar Muda , Banda Aceh
  • MES - Bandar Udara Internasional Polonia, Medan
  • KMU - Bandar Udara Internasional Kuala Namu, Medan
  • PDG - Bandar Udara Internasional Minangkabau, Kota Padang
  • PKU - Bandar Udara Internasional Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru
  • PLM - Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang
  • TNJ - Bandar Udara Internasional Raja Haji Fisabilillah, Tanjung Pinang
  • TKG - Bandar Udara Radin Inten II, Bandar Lampung

Jawa

  • BDO - Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara, Bandung
  • CGK - Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang
  • JOG - Bandar Udara Internasional Adi Sucipto, Yogyakarta
  • SOC - Bandar Udara Internasional Adisumarmo, Solo
  • SRG - Bandar Udara Internasional Achmad Yani, Semarang
  • SUB - Bandar Udara Internasional Juanda, Surabaya
  • MLG - Bandar Udara Abdulrahman Saleh, Malang
  • DQJ - Bandar Udara Blimbingsari, Banyuwangi


Bali dan Nusa Tenggara

  • DPS - Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Denpasar
  • LOP - Bandar Udara Internasional Lombok, Lombok Tengah
  • KOE - Bandar Udara El Tari, Kupang, Nusa Tenggara Timur

Kalimantan

  • PKY – Bandar Udara Tjilik Riwut, Palangka Raya
  • MTW – Bandar Udara Beringin, Muara Teweh
  • PKN – Bandar Udara Iskandar, Pangkalan Bun
  • SMQ – Bandar Udara H. Asan, Sampit
  • TBM – Bandar Udara Tumbang Samba, Katingan
  • WAOU – Bandar Udara Sanggu, Buntok
  • ??? – Bandar Udara Dirung Lingkin, Purukcahu
  • TRK – Bandar Udara Internasional Juwata, Tarakan
  • SRI – Bandar Udara Temindung, Samarinda
  • BEJ – Bandar Udara Internasional Kalimarau, Berau
  • BXT – Bandar Udara Bontang, Bontang
  • BPN – Bandar Udara Internasional Sepinggan, Balikpapan
  • BEJ – Bandar Udara Kalimarau, Tanjung Redeb
  • NNX – Bandar Udara Nunukan, Nunukan
  • TNB – Bandar Udara Tanah Grogot, Tanah Grogot
  • KOD – Bandar Udara Kotabangun, Kutai Kartanegara
  • SZH – Bandar Udara Senipah, Kutai Kartanegara
  • DTD – Bandar Udara Datah Dawai, Kutai Barat
  • TSX – Bandar Udara Tanjung Santan – Marang Kayu, Kutai Kartanegara
  • SGQ – Bandar Udara Sangkimah – Sangatta, Kutai Timur
  • MLK – Bandar Udara Melalan – Sendawar, Kutai Barat
  • LBW – Bandar Udara Yuvai Semaring – Krayan
  • BYQ – Bandar Udara Bunyu – Pulau Bunyu, Bulungan
  • NAF – Bandar Udara Banaina – Bulungan
  • TJS – Bandar Udara Tanjung Harapan – Tanjung Selor, Bulungan
  • MLN – Bandar Udara R.A. Bessing – Malinau
  • LPU – Bandar Udara Long Ampung – Kayan Selatan, Malinau
  • BDJ – Bandar Udara Internasional Syamsuddin Noor, Banjarmasin
  • TJG – Bandar Udara Warukin, Tanjung
  • KBU – Bandar Udara Stagen, Kotabaru
  • BTW – Bandar Udara Bersujud, Batulicin
  • PNK – Bandar Udara Internasional Supadio, Pontianak
  • PSU – Bandar Udara Pangsuma, Putussibau
  • KTG – Bandar Udara Rahadi Oesman, Ketapang
  • SQG – Bandar Udara Susilo, Sintang
  • NPO – Bandar Udara Nanga Pinoh – Nanga Pinoh, Melawi

Sulawesi

  • MDC - Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi, Manado
  • UPG - Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar
  • PLW - Bandar Utara Mutiara, Palu

Sejarah Perkembangan Internet

Pengertian Internet


Internet adalah singkatan dari Interconected Networking, yaitu seperangkat alat elektronik yang saling berhubungan satu sama lain untuk saling bertukar informasi. Internet dapat menghubungkan penggunanya di selurung dunia dalam bertukar informasi baik secara statis maupun dinamis.





Sejarah Kemunculan Internet

Sejarah intenet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency(DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.

Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon @juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan "at" atau "pada". Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.

Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.

Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.

Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih.

Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web.

Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0.

Rabu, 06 Februari 2013

FIFA/FIFPro World XI

FIFA sebagai organisasi sepakbola tertinggi dunia telah mengumumkan 11 pemain terbaik tahun 2012, pemain tersebut memang diisi oleh nama-nama yang sudah tidak asing lagi.


Berikut ini daftar nama skuad FIFPro World XI :



Posisi : Goal Keeper
Nama :IKER CASILLAS
Klub :Real Madrid
Negara : Spanyol
Posisi : Wing Back
Nama : DANI ALVES
Klub : Barcelona
Negara : Brasil








Posisi : Wing Back
Nama : MARCELO
Klub : Real Madrid
Negara : Brasil









Posisi : Centre Back
Nama : GERARD PIQUÉ
Klub : Barcelona
Negara : Spanyol






Posisi : Centre Back
Nama : SERGIO RAMOS
Klub : Real Madrid
Negara : Spanyol



Posisi : Midfielder
Nama : ANDRÉS INIESTA
Klub : Barcelona
Negara : Spanyol










Posisi : Midfielder
Nama : XABI ALONSO
Klub : Real Madrid
Negara : Spanyol










Posisi : Midfielder
Nama : XAVI HERNANDEZ
Klub : Barcelona
Negara : Spanyol










Posisi : Striker
Nama : CRISTIANO RONALDO
Klub : Real Madrid
Negara : Portugal
Posisi : Striker
Nama : RADAMEL FALCAO
Klub : Atletico Madrid
Negara : Kolombia










Posisi : Striker
Nama : LIONEL MESSI
Klub : Barcelona
Negara : Argentina








Demikianlah nama-nama 11 pemain terbaik FIFA 2012.