Rabu, 23 Januari 2013

Data Warehouse

Data warehouse merupakan metode dalam perancangan database, yang menunjang DSS(Decission Support System) dan EIS (Executive Information System). Secara fisik data warehouse adalah database, tapi perancangan data warehouse dan database sangat berbeda. Dalam perancangan database tradisional menggunakan normalisasi, sedangkan pada data warehouse normalisasi bukanlah cara yang terbaik.




Secara dasar, data warehouse dibangun dari 3 komponen berikut :
  1. Teknologi. Data warehouse, karena memiliki pendekatan yang berbeda dengan OLTP DBMS memiliki perkembangan yang lebih mengarah ke optimasi proses ETL, dan dukungan untuk data mining dalam volume besar.
  2. Business Requirement. Pengembangan data warehouse sangat bergantung pada kebutuhan, ruang lingkup dari bisnis perusahaan.
  3. Data. Data yang digunakan pada DW tidak bisa menggunakan data transaksional yang dihasilkan OLTP. Data yang digunakan harus melalui proses ETL (Extract-Transform-Loading). Dimana data transaksional yang ada harus di proses (extract), lalu di ubah formatnya (transform) sesuai spesifikasi DW , hingga akhirnya di LOAD.


Sebuah Data Warehouse yang ideal memiliki karakteristik:
  1. Time variant - Memiliki rentang waktu (history)
  2. Berorientasi Subjek
  3. Non Volatile
  4. Terintegrasi

Struktur Datawarehouse :



Untuk materi selengkapnya dapat di download di sini :
http://www.4shared.com/rar/Xme8_BXo/Datawarehouse.html?



Related Post:

0 komentar:

Posting Komentar